Tujuan Utama

Blog Tausiyah Qolbi

LightBlog

Friday, April 8, 2022

Sejarah nabi Muhammad SAW

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 

Dirangkum oleh :  Ustaadz Khoir (الأستاذ خير )

Sejarah Nabi Muhammad SAW sebagai penghulu alam sangat perlu untuk diceritakan kembali.
Para kesempatan ini akan dihikayatkan secara singkat mengenai sejarah perjalanan sang penghulu Alam pada saat :

1. Masa sebelum dilahirkan.
2. Masa kanak kanak.
3. Masa Remaja.
4. Masa kenabian
5. Masa Kerasulan.

Sungguh sangat banyak sekali kejadian yang terjadi diluar nalar fikiran manusia ketika seorang Nabi ataupun Rasul akan di utus. Begitu juga ketika penghulu alam dilahirkan salah satu diantaranya penyerangan tentara Abrahah habsyah  yang terkenal dengan pasukan bergajahnya. Dengan kebesaran Allah pasukan abrahah dihancurkan Allah dengan burung burung ababil.

Ayah Nabi Muhammad Abdullah wafat sebelum Dia dilahirkan artinya pada saat itu nabi Muhammad telah lahir dalam keadaan yatim dan pada umur beberapa tahun ibuNya Aminah pun wafat. Maka Nabi Muhammad diasuh oleh kakekNya Abdul Muthalib.

Ketika masa kanak kanak Rasulullah sudah terbiasa dengan hidup mandiri. Suatu ketika saat Rasulullah bermain bersama dengan anak ibu sesusuannya Halimah maka Rasulullah didatangi Jibril dan membedah dadanya kemudian  mengeluarkan jantung nabi untuk dibersihkan.

Ketika memasuki usia Remaja Maka Rasulullah diajak oleh pamannya Abu Tholib untuk berdagang ke negeri Syam dan disini banyak timbul peristiwa yang menandakan bahwa nabi Muhammad adalah Rasul terakhir , diantaranya ketika berjalan ditengah terik panasnya matahari beliau selalu dinaungi  awan, dan percakapan yang terjadi dengan seorang Rahib yang mengatakan bahw DIA adalah Penutup para Nabi dan Rasul.

Rasulullah menerima Wahyu pertama di gua Hira diperkirakan pada saat itu usia Nabi sekitar 40 tahun. Iqro' adalah Wahyu pertama yang diterima nabi sebagai modal tauhid menuju perjalanan yang hakiki. Dan setelah menerima Wahyu pertama disinilah dimulai dakwah nabi yaitu mengajak manusia untuk bertauhid kepada Tuhan yang Ahad. Wallahu a'lam bisshowab.

Dihikayatkan kisah ini adalah untuk memudahkan kita mengenal Allah melalui sang penghulu alam DIA LAH KEKASIH ALLAH SAYYIDUNA MUHAMMAD RASULULLAH SHALALLAHU ALAIHI WASALLAM.


Referensi.

1. Al Qur'an Al Karim.
2. Qishosul Anbiyai.
3. Al Bidayah wa An Nihayah Ibnu Katsir dll.
4. Kisah Perjalanan Ahli Ruhani.

No comments:

Post a Comment