Tujuan Utama

Blog Tausiyah Qolbi

LightBlog

Tuesday, March 15, 2022

Sejarah nabi Isa AS

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dirangkum oleh :  Ustaadz Khoir (الأستاذ خير )

Nabi Isa Alaihissalam Ruhullah / kalimatullah

Sejarah nabi Isa sangat menarik untuk  di diskusikan karena melibatkankan banyak keyakinan dan konflik yang timbul di dalamnya.

Pada kesempatan ini insyaallah akan dibahas mengenai hal ihwal nabi Isa Alaihissalam secara singkat.
1. Masa sebelum Nabi Isa dilahirkan
2. Masa ketika Nabi Isa dilahirkan
3. Masa kanak kanak dan remaja
4. Masa kenabian dan kerasulan.

Suatu ketika dikisahkan bahwa ketika Siti Maryam Sedang beribadah di mihrab Nya , Dia di datangi oleh Jibril Alaihissalam dalam wujud Manusia. Dan menyampaikan bahwa Dia akan melahirkan seorang Anak Laki laki dan akan menjadi seorang nabi dan rasul dan kepadanya akan diberikan kitab Inzil.

Siti Maryam pada saat itu heran dengan berita tersebut sebagaimana di khabarkan dalam Al Qur'an surah Maryam ayat 20. Selang beberapa bulan kemudian Siti Maryam pun Hamil dan ketika waktunya Tiba untuk Melahirkan maka Siti Maryam pun mengasingkan diri dan pergi jauh dari kampungnya yaitu ke bettlehem .


Ketika saat melahirkan tiba  maka dia bersandar pada pangkal pohon kurma di tempat Dia mengasingkan diri.
Lihat Surah Maryam ayat 23. Dan Qur'an surat ke 19 ayat 22-26 . Beberapa setelah kelahiran Nabi Isa maka Siti Maryam membawa Anaknya ke kampung halamannya tempat dimana Dia tinggal.

Sesampainya di kampung halamannya. Siti Maryam pun langsung dicemooh dan dihina oleh masyarakat dan menuduh Siti Maryam berbuat dosa , tapi Siti Maryam hanya diam menunjuk Bayinya . Maka keajaiban Allah pun terjadi , Nabi Isa yang masih kecil berkata kepada Masyarakatnya seperti yang tercantum dalam Al Qur'an surah Maryam ayat 30-31.


Nabi Isa ketika masih Belia sampai mendekati remaja adalah seorang pemuda yang cerdas bahkan dia sudah hafal kitab taurat dan  mampu berdebat dengan seniornya  bahkan yang lebih tua dari mereka mengenai isi dan hukum yang ada dalam  kitab taurat.

Masyarakat Yerusalem sangat mengenal nabi Isa sebagai orang yang Arif dan bahkan sangat keras ketika berbicara mengenai Haq nya Allah. Itulah yang menjadi penyebab masyarakat jahudi tidak senang dan bahkan benci kepada Nabi Isa.

Raja herodus yang berkuasa di Palestina pada saat itu menganggap bahwa Nabi Isa sebagai ancaman bagi kerajaannya , maka dia memutuskan untuk membunuh nabi Isa , Siti Maryam mengetahui hal tersebut maka dia beserta putranya Nabi Isa beserta pengikutnya hijrah ke Mesir Nabi Isa diperkirakan tinggal di Mesir selama 12 tahun.

Mengetahui Raja yang memimpin Palestina telah wafat maka Nabi Isa beserta pengikutnya kembali ke Palestina dan menetap di nasirah atau nasaret beserta pengikutnya.


Nabi Isa pada umur 30 tahun sering menyendiri atau uzlah dan pada saat itulah Dia didatangi Jibril sembari mengabarkan bahwa Nabi Isa adalah seorang Nabi dan Rasul dan kepadanya diberikan kitab Inzil.


Ketika Nabi Isa diangkat menjadi nabi dan rasul dia terus berdakwah menyampaikan risalah kenabian Nya. Dan memberikan kabar kepada khalayak bahwa akan datang seorang nabi terakhir dengan nama Nabi Muhammad SAW yang dibekali sebuah kitab yaitu Al Qur'an.


Kaum Bani Israil sangat tidak suka dengan nabi Isa maka mereka bekerja sama dengan bangsa lain untuk membunuh nabi Isa seperti yang tertera dalam Al Qur'an surat An Nisa ayat 157-159 .pada kejadian tersebut Nabi Isa diangkat Allah kelangit dan menempatkan nya ditempat yang dikehendaki Allah dan adapun yang dibunuh oleh kaum Bani Israil itu adalah Yudas yang berkhianat yang sudah dimiripkan Allah wajahnya.

Dikabarkan juga pada Akhir zaman nanti nabi Isa akan turun kembali sebagai sahabat dari Imam Akhir Zaman untuk membunuh  Dajjal dan pengikutnya.

Dan adapun hikmah belajar sejarah ini bukan untuk mencari kebenaran dan lain lain tetapi semata mata sebagai media untuk memudahkan kita untuk mengenal sang pemilik ilmu sejati.

Wallohu a'lam bisshowab.

Referensi.

1. Al Qur'an Al Karim.
2. Qishosul Anbiyai.
3. Al Bidayah wa An Nihayah Ibnu Katsir dll.
4. Kisah Perjalanan Ahli Ruhani.