Tujuan Utama

Blog Tausiyah Qolbi

LightBlog

Friday, July 22, 2022

Bersuci dalam Islam

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 


Bersuci disebut juga Thoharoh ( الطهارة ) dimana aktifitas ini adalah wajib karena setiap ibadah tentunya harus bersih dari kotoran(najis). Dalam pelajaran hukum islam disebut bab bersuci. Untuk mengetahui hal yang berkaitan dengan bab ini, dapat dibaca di berbagai sumber seperti di wikipedia.

Tentu tidak hanya melakukan secara fisik, bersuci memiliki makna yang jelas bahwa haruslah bersih atau suci secara fisik/zohir maupun secara bathin. Maka setiap bagian dalam mengerjakan bab bersuci harus dimaknai dengan hal tersirat dan tentunya wajib belajar dengan seorang yang paham tentang hal tersirat dalam bersuci.

Seperti pada bab wudhu, ada urutan yang dilakukan dan masing-masing mempunyai cara yang harus dipahami. Hal tersebut akan membekas pada jiwa (bathin) jika memahami apa makna dalam setiap bagian wudhu tersebut. 

Ketahuilah bahwa bab thoharoh ini sangat urgent (mendesak untuk dipahami) karena jika tidak, maka semua ibadah yang dilakukan akan menjadi sia-sia atau ditolak Allah karena pada bab bersuci hanya dikerjakan tanpa pemahaman dari apa yg dikerjakan

Marilah kita mereminder diri masing-masing untuk belajar apapun yang diamalkan sehingga paham apa tujuannya dan insyaa Allah diterima oleh Nya.

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:

Post a Comment