Tujuan Utama

Blog Tausiyah Qolbi

LightBlog

Wednesday, February 2, 2022

Sejarah nabi Adam AS

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ



Dirangkum oleh :  Ustaadz Khoir (الأستاذ خير )

Dalam sejarah nabi Adam ini ada beberapa proses yang terjadi.
1. Asal atau bahan baku penciptaan nabi Adam as.
2. Proses penciptaan nabi Adam .
3. Peniupan ruh nabi Adam as
4. Kehidupan di surga
5. Kehidupan didunia.

Adapun asal bahan baku penciptaan nabi Adam ini diambil dari bahan surga dan dunia. bahan baku yang dari surga berasal dari sungai alkautsar dan Bahan baku yang dari dunia diambil dari 4 penjuru dunia atau ada juga pendapat yang mengatakan dari 7 dunia dan ada juga pendapat yang mengatakan dari berbagai negara yang ada di dunia.

Dan adapun proses penciptaan nabi Adam ini bermula ketika bahan sudah dikumpulkan dan kemudian diletakkan didalam sebuah wadah yang besar. Dan kemudian dimasukkan bahan tambahan yaitu air tawar, air asin, air anyir, api dan angin.

Maka Allah memberi perintah kepada malaikat untuk mencetak blue print atau sketsa nabi Adam sesuai dengan instruksi yang sudah diberikan. Setelah semua perintah telah dilaksanakan para malaikat khusus . Maka jadilah kerangka manusia pertama yang akan  menjadi Kholifah.

Melihat bentuk dan kerangka nabi Adam , maka pemimpin malaikat pada saat itu yang bernama azazil mencoba untuk memasuki kerangka Adam , maka seluruh tubuh Adam dimasuki setelah beberapa saat azazil menemukan ada satu rongga atau tempat pada kerangka Adam yang tak bisa dimasuki. Ketahuilah bahwa satu rongga yang tidak bisa dimasuki azazil  itu adalah qolbi.

Ketika kerangka Adam telah sempurna maka Allah meniupkan ruh kepada lembaga Adam. Tetapi ketika ruh belum sempurna masuk kepada lembaga Adam , lembaga Adam sudah bergerak dan adalah manusia itu tergesa gesa tidak sabar dengan ketentuan Allah.

Setelah lembaga Adam sempurna maka Allah mengumpulkan seluruh malaikat dan termasuk azazil, maka Allah berfirman sebagaimana yang termaktub dalam surat Al baqoroh ayat 30

Sebenarnya malaikat protes terhadap ketetapan Allah , karena malaikat tahu bahwa Kholifah yang akan diciptakan ini akan selalu membuat kerusakan di muka bumi ini.


Terjadilah percakapan antara nabi Adam dan malaikat .
Dengan satu kesimpulan bahwa para malaikat mengakui atas Nurul ulum yang dimiliki nabi Adam. Dengan bertasbih kepada Allah SWT.

Maka Allah memberi perintah sujudlah kepada Adam , seluruh malaikat sujud karena merika faham bahwa didalam lembaga Adam ada Nurullah kesempurnaan. Sementara iblis menolak , karena mereka tidak melihat Nurullah yang ada pada lembaga Adam.

Maka iblis pun terusir dari surga . Tapi lagi lagi iblis meminta kepada Allah agar dipanjangkan umurnya sampai hari kiamat dan ijin untuk menggoda keturunan Adam , maka Allah mengijinkan permintaan iblis.

Allah memberi perintah ke nabi Adam untuk tinggal di surga bersama istrinya Hawa. Kesadaran nabi Adam akan kesendirian hidup ternyata membuat dia untuk berkhoyal hingga beliau tak sadarkan diri ketika itulah Allah menjadikan Hawa dari tulang rusuknya.. ketika tersadar nabi Adam langsung terhibur. Dan setelah menikah dengan mahar sholawat , nabi Adam dan hawa tinggal dalam syurga.

Iblis yang faham dengan keadaan syurga dan juga perintah Allah , timbullah rasa hasad kemudian iblis menggoda Adam  dengan proses yang cukup panjang hingga nabi Adam dan hawa terpengaruh dan memakan buah pohon tersebut. Itulah pelanggaran pertama yang terjadi pada Kholifah yang akan mendiami bumi dan tentunya sudah menjadi skenario Allah pada ciptaan nya.

Dikisahkan bahwa ketika iblis berhasil menggoda adam dan hawa untuk memakan buah larangan , maka adam dan hawa bertaubat dan berdo'a kepada allah sebagaimana yang tercantum dalam Al quran surat al baqoroh ayat 37.

Sebahagian ahli tafsir berkata bahwa do'a yang dibaca nabi adam termaktub dalam surat al a"raf ayat 23 sementara ibnu abbas mengatakan bahwa adam diajari ilmu ibadah haji. sementara Sufyan ats Tsauri berkata bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri adam telah ditetapkan allah sebelum adam diciptakan.

Setelah Taubat adam dan hawa diterima maka allah menurunkan nabi adam ke dunia dalam keadaan terpisah artinya adam dan hawa diturunkan ke dunia di tempat yang berbeda setelah beberapa lama berpisah maka nabi adam dan hawa bertemu di suatu tempat yang lebih terkenal dengan sebutan padang arafah.

Dikabarkan bahwa setelah Nabi adam dan hawa bertemu maka mereka mempunyai banyak anak dan setiap kelahiran hampir keseluruhan nya kembar , maka perkawinan yang terjadi di masa nabi adam adalah perkawinan silang. Pertumpahan darah yang pertama kali terjadi adalah dimasa kehidupan qobil dan habil.

Referensi
1. Qishosul anbiyai
2. Tafsir Ibnu Katsir
3. Wikipedia
3. Kisah ahli Ruhani

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:

Post a Comment